Peternakan

Artikel

Kata Pengantar Peternakan

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji hanya bagi ALLAH Subehanahu Wata’ala atas rahmat yang diberikan kepada kita semua. Salam dan taslim kita kirimkan kepada Rasulullah Muhammad Sallallhu ‘alaihi Wasallam sebagai Rasul dan Nabi penutup pembawa kebenaran dan juga pengetahuan yang sesungguhnya. Sektor peternakan merupakan salah satu sektor yang berperan dalam kedaulatan pangan. Sebagai salah satu sumber pangan hewani, sektor peternakan pada dasarnya tidak hanya berperan dalam pemenuhan kebutuhan masyakat tetapi juga berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta berperan dalam pembukaan lapangan kerja serta kesehatan lingkungan.

Persoalan mendasar yang tengah dihadapi sektor peternakan di Indonesia, terletak pada aspek SDM dan cara pandang masyarakat terhadap sektor peternakan. Dewasa ini, sektor peternakan oleh masyarakat secara umum dipandang tidak sebagai pekerjaan utama melainkan pekerjaan kedua atau bahkan ketiga. Dampaknya adalah pengelolaan sumber daya alam untuk sektor peternakan menjadi tidak maksimal sehingga mengakibatkan indonesia menjadi negara importir khususnya untuk daging. Selain itu, ancaman lain yang dihadapi sektor peternakan dan pertanian pada umumnya adalah alih fungsi lahan. Jawaban atas semua hambatan persoalan tersebut sesungguhnya dapat diperoleh melalui proses pendidikan peternakan yang berkualitas.

Program studi Ilmu Peternakan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang mengusung visi “Menjadi program studi peternakan yang unggul dalam bidang industri peternakan, profesionalislami dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa berbasis nilai-nilai islam berkemajuan tahun 2030. Sebagai pencetak generasi intelektual peternakan, program studi ini mengusung kurikulum berbasis industri yang tidak hanya berfokus pada aspek teknis peternakan tetapi juga dalam bisnis peternakan. Ke depannya Program Studi Peternakan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang dapat mencetak sarjana peternakan yang unggul dan berkualitas dan memiliki jiwa kewirausahaan mandiri sehingga tidak bergantung kepada orang lain. Sarjana peternakan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang juga diharapkan tidak  hanya paham dalam keilmuan peternakan tetapi tetap berpijak kepada Al Qur’an dan Sunnah.  Nasrunminallah Wa Fathun Qarib Wabassyiril Mu’minin. Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tanggapan

Artikel Terbaru