Peternakan

Artikel

Profil Peternakan

Program studi peternakan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 113/KPT/I/2019 tanggal 18 Februari 2019. Mengusung Visi Menjadi program studi peternakan yang unggul dalam bidang industri peternakan, profesionalislami dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa berbasis nilai-nilai islam berkemajuan tahun 2030, Program Studi Peternakan merancang kurikulum berbasis industri sebagai jawaban atas tantangan global yang akan dihadapi oleh lulusannya pada masa mendatang.

Program Studi Peternakan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang merupakan amal usaha yang bergerak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wadah untuk mencerdaskan generasi bangsa dalam bidang peternakan dan juga menerapkan nilai-nilai islam yang berkemajuan. Oleh karena itu, setiap perkembangan teknologi yang dilakukannya tetap akan berpijak kepada nilai-nilai Muhammadiyah.

Program Studi Peternakan mengedepankan kebaharuan ilmu dan teknologi dalam bidang peternakan yang tidak hanya berfokus pada aspek industri, tetapi juga lingkungan dan bisnis modern sebagai bagian dari tantangan industri 4.0. Menjawab berbagai tantangan tersebut, rancangan-rancangan program-program pengembangan diarahkan pada optimasi sumber daya alam dalam bidang peternakan yang kemudian diarahkan ke dalam sektor bisnis dan industri.

Program Studi Peternakan memiliki 6 orang dosen dari berbagai bidang yang meliputi: Sosial Ekonomi Peternakan, Produksi Ternak, dan Nutrisi dan Makanan ternak. Ke enam dosen tersebut telah melahirkan produk-produk penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Nasional dan International. Beberapa dari dosen tersebut saat ini telah menjadi konsultan pada instansi pemerintahan dan swasta. 

Program studi peternakan telah memiliki fasilitas pendidikan yang cukup, meliputi: ruangan kelas yang dilengkapi dengan AC, ruang laboratorium dan juga sarana pembelajaran lapangan untuk kebutuhan praktik di lapangan. Untuk menunjang proses pembalajaran di kampus, Program Studi Peternakan bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintahan, swasta dan berbagai perusahaan dalam bidang peternakan. Kerjasama tersebut bergerak dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Ke depannya Program Studi Peternakan dapat menjadi Program Studi yang unggul di Sulawesi selatan dan juga Indonesia.

Tanggapan

Artikel Terbaru